Minggu, 21 Oktober 2012

Membuat Perosotan dengan SketchUp


Google SketchUp merupakan perangkat lunak untuk desain grafis. Dengan menggunakan Google SketchUp ini saya akan membuat sebuah mainan yang biasanya terdapat di playground yaitu perosotan. Berikut langkah – langkah yang digunakan dalam membuat sebuah ayunan menggunakan  Google SketchUp.


1.   Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat sebuah lingkaran yang berada pada red axis sebagai awal untuk memuat tabung yang akan menjadi ibu tangga dari perosotan. Dengan mengklik ikon circle yang ada pada tools bar.

2.    Setelah membuat sebuah lingkaran, selanjutnya kita akan menjadikan lingkaran yang telah di buat menjadi sebuah tabung. Untuk membuat sebuah tabung kita gunakan ikon Push/Pull yang ada pada tools bar.  Arahkan tool pada bagian tengah lingkaran kemudian klik dan tarik hingga membentuk tabung.


Setelah selesai membuat sebuah tabung, buatlah sebuah tabung lagi dengan langkah yang sama.

Setelah di buat ke dua tabung yang berdiri sejajar maka akan menjadi seperti gambar di bawah ini.


3.    Kemudian buat beberapa tabung lagi yang akan digunakan sebagai anak tangga, masih dengan cara yang sama. Tabung dibuat pada green axis ( horizontal) kemudian satukan setiap anak tangga dengan ibu tangga yang telah di buat. Maka akan membentuk seperti gambar di bawah ini.


4.    Kemudian dilanjutkan dengan membuat sebeuah segitiga untuk membuat badan dari perosotan. Dengan cara menarik garis yang saling terhubung sehingga membuat sebuah segitiga. Untuk membuat garis gunakan ikon Line.

5.    Setelah membuat segitiga, kemudian tarik segitiga yang telah dibuat sehingga akan membentuk badan dari perosotan. Untuk menarik segitiga, menggunakan cara yang sama dengan membuat sebuah tabung. Tarik bagian dari segitiga menggunakan tool Push/Pull kemudian tarik hingga terbentuk perosotan kemudian lepas.


6.    Setelah membuat prosotan maka, buatlah pegangan atau pembatas di kedua sisi samping perosotan dengan cara menarik garis hingga membentuk sebuah bidang. Maka akan jadilah sebuah perosotan.

Jika ingin menambahkan warna pada perosotan yang telah dibuat. Pilih tool Paint Bucket untuk memilih warna ataupun pattern yang diinginkan.

Itulah beberapa langkah yang digunakan untuk membuat sebuag perosotan sederhana menggunakan Google SketchUp. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

YouTube Channel for Gambling and Betting
‎Channel for Gambling and Betting · ‎Gambling on football games · ‎About Sports Betting · ‎News · ‎News · youtube to mp3 ‎About Sports Betting

Posting Komentar