Kamis, 01 Mei 2014

Pengantar Teknologi Game


Permainan (game) merupakan aplikasi yang banyak digunakan sebagai suatu bentuk hiburan yang sering kali dijadikan sebagai penghilang rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas yang dinikmati para pengguna media elektronik saat ini. Game juga dapat diartikan sebagai arena keputusan untuk pemain beraksi, diamana terdapat target yang harus dicapai.

Teori game adalah suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menggunakan strategi-strategi yang rasional. Teori permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli matematika pada tahun 1944. Pengemuka dari teori game adalah John von Neumann dan Oskar Morgenstern. Mereka berdua mengemukakan teori yang berisi :

            “Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri ataupun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.” (Theory of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953))

Perkembangan game yang terjadi saat ini begitu cepat, hal ini berdasarkan semakin banyaknya pengelola industri game yang bermunculan yang berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai game yang lebih menarik dan lebih terlihat rill bagi para penikmat game. Saat ini keberadaan game tidak hanya didasarkan untuk sekedar hobi untuk menghilangkan rasa penat maupun pengisi waktu luang, game juga dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan kreativitas dan tingkat intelektual pemainnya.

Jenis – jenis game :
  • RPG (Role Playing Game)
Merupakan salah satu game yang mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay nya. Biasanya dalam game ini pemain memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut.
  • FPS (First Person Shooting)
Merupakan game tembak menembak yang memiliki ciri utama adalah penerapan sudut pandang orang pertama yang memegang senjata.
  • Strategy
Merupakan jenis game yang memiliki gameplay untuk mengatur strategi bagaimana agar pemain dapat mengalahkan lawan dengan memenangkan permainan. Pada permainan jenis ini dibutuhkan pemikiran yang tepat agar dapat meraih kemenangan
  • Simulation
Merupakan jenis game yang mengutamakan realism. Semua aspek yang terkandung pada game ini sangat memperhatikan kemiripan dengan dunia nyata.
  • Racing
Merupakan jenis game yang memungkinkan pemain dalam mengendalikan sebuah kendaraan pada sebuah lintasan untuk memenangkan sebuah balapan.
  • Sports
Merupakan jenis permainan yang bertemakan olahraga.

Referensi :
http://forum.indogamers.com/showthread.php?t=414475
http://azhiezloeckman.blogspot.com/2013/03/teknologi-pengantar-game.html
http://kampoeng-it.blogspot.com/2014/03/tugas-pengantar-teknologi-game.html

1 komentar:

Togel Hongkong mengatakan...

mantap gan

Posting Komentar