Minggu, 24 April 2011

Kebiasaan Karena Lingkungan


Tak dapat dipisahkan bahwa salah satu pembentuk dari kepribadian seseorang adalah lingkungan. Baik lingkungan tinggal, lingkungan sekolah ataupun lingkungan kerja. Sebagai seorang individu tak dapat dipungkiri kebiasaan yang kita lakukan tak jarang semua itu bersumber dari lingkungan kita. Setiap lingkungan akan memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap kebiasaan yang akan timbul di setiap tingkah laku maupun gaya dari setiap individu tersebut. Lingkungan yang baik akan menjadikan setiap individu yang berada di dalamnya menjadi individu yang baik. Tingkah laku setiap individu dapat dikaitkan dengan lingkungan dan bagaimana cara bergaul masing-masing individu. 

Pengaruh lingkungan terhadap perilaku individu lambat laun akan menjadikan kebiasaan terhadap individu tersebut. Lingkungan yang berpengaruh paling tinggi terhadap pembentukan prilaku adalah lingkungan dimana individu tersebut berada paling lama di dalam lingkungan tersebut. 

Lingkungan sekolah atau lingkungan kampus merupakan salah satu lingkungan yang memiliki pengaruh paling tinggi bagi individu yang berusia sekolah atau remaja. Memiliki teman dengan berbagai jenis latar lingkungan, perilaku, bahkan kebiasaan dapat membuat seorang reamaja dapat berubah dari kebisaan lamanya dan mengikuti prilaku bahkan kebiasaan temannya dengan berbagai macam alasan. Remaja yang seperti ini cenderung tidak memiliki kepercayaan dirinya sendiri terhadap perilaku ataupun kebiasaan yang telah melekat pada dirinya. Sehingga ia berpikiran apa yang menjadi kebiasaan temannya itulah yang menurutnya baik. Biasanya para remaja berteman dengan latar belakang keluarga yang sama, berlatar belakang keluarga yang sama tak berarti memiliki perilaku maupun kebisaan yang sama. Hal ini membuat beberapa dari mereka mengikuti perilaku dari teman-temanya agar dapat menjalani pergaulan dengan teman yang mereka pilih.

Pada dasarnya perilaku setiap individu dapat mencermikan diri mereka. Dan sebagai seorang individu yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin, maka seharusnya tidak mudah goyah perilaku maupun kebiasaan hanya karena teman ataupun lingkungan. Seorang pemimpin haruslah menjadi seorang yang dapat menjadi panutan bagi siapun, bukan menjadi seorang yang selalu berubah-ubah perilakunya.

Lingkungan memang menjadi salah satu factor pembentuk perilaku. Namun sebagai individu yang baik seharusnya kita dapat memilih perilaku ataupun kebisaan yang baik untuk kita ikuti dan kebisaan yang buruk yang harus kita jauhi. Perilaku yang baik kana mencerminkan sifat seorang individu yang baik pula.

0 komentar:

Posting Komentar