Jumat, 20 Mei 2011

Bakteri Pengaruhi Perilaku??

Ada berapa banyak bakeri yang hidup di dalam usus kita??? Waw mungkin jumlahnya ribuan lebih..  Kira-kira apa aja ya yang mereka lakuin terhadap usus kita??? Waw ternyata ga semua bakteri itu jahat loh… Sebagian dari mereka memiliki banyak manfaat buat tubuh kita… Mau tau apa aja??

Seperti bakteri baik yang hidup di usus bermanfaat untuk mencegah obesitas, diabetes, asma, alergi dan kanker tenggorokan. Namun pengaruh dari luar seperti pemakaian antibiotik, makanan yang mengandung lemak jahat terkadang mengganggu stabilitas bakteri di usus. Dan masih banyak lagi manfaat dari bakteri yang ada didalam usus kita. Tak ketinggalan mereka juga membantu kita dalam proses pencernaan.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap, bakteri dalam usus dapat mempengaruhi perilaku manusia.

Menurut penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas McMaster, bakteri dalam usus bisa mempengaruhi zat kimia dalam otak dan mempengaruhi perilaku manusia. Temuan ini sangat penting, karena jenis penyakit perut, termasuk iritasi usus besar, sering dikaitkan dengan kegelisahan atau depresi.
Waw bener ga ya??? Mungkin ga ya perilaku kita selama ini di pengaruhi bakteri yang ada di dalam usus kita??

"Hasil yang menakjubkan memberikan dorongan untuk melakukan penelitihan lebih jauh terhadap komponen mikroba penyebab penyakit perilaku," kata profesor pengobatan dan peneliti dari Michael G. DeGroote School of Medicine, Stephen Collin seperti dilansir medindia.net, Jumat 20 Mei 2011.
Collin dan asistennya, Premysl Bercik melakukan penelitian di Institut Penelitian Kesehatan Pencernaan Keluarga Farncombe (Inggris).

Dalam penelitian itu, ditemukan bahwa dalam usus masing-masing orang terdapat sekitar 1.000 bakteri trillium yang hidup dengan nyaman, dan selaras dengan kehidupan manusia. Bakteri ini melakukan sejumlah fungsi penting terhadap kesehatan, yaitu menyerap energi dari makanan, melindungi terjadinya infeksi, dan menyediakan nutrisi untuk sel dalam usus.

Ternyata banyak banget ya hubungan kita dengan bakteri yang ada di usus.. Mereka bermanfaat bagi tubuh kita,, tapi tak jarang mereka juga merugikan bagi kita,, dan bahkan mereka juga mempengaruhi kita dalam berperilaku.. Agak kaget yah saat kita tahu bakteri-bakteri itu mempengaruhi perilaku kita..


0 komentar:

Posting Komentar