Kamis, 05 April 2012

Cloud Computing

Cloud Computing ( Komputasi Awan ) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan perkembangan internet. Dalam hal ini awan diartikan sebagai metafora dari internet. Awan dalam cloud computing merupakan abstraksi dan insfratrukstur yang kompleks yang disembunyikan. Cloud Computing merupakan suatu metode komputasi dimana kapabalitas terkait teknologi informasi disajikan dalam suatu layanan sehingga pengguna (user) dapat mengaksesnya lewat internet, tanpa mereka mengetahui apa yang ada dan apa yang terjadi di dalamnya. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Gartner mendefinisikannya sebagai “sebuah cara komputasi ketika layanan berbasis TI yang mudah dikembangkan dan lentur disediakan sebagai sebuah layanan untuk pelanggan menggunakan teknologi Internet.”

Karakteristik Cloud Computing

Ada 5 karakteristik agar Cloud Computing ideal, berikut karakteristik dari Cloud Computing:
1. On-Demand Self-Services
Cloud Computing dapat dimanfaat oleh user secara mekanisme swalayan serta langsung tersedia saat user membutuhkan. 
2. Broad Network Access
Sesuai dengan pengertian awan pada Cloud Computing sebagai internet. Maka Cloud Computing harus dapat diakses oleh user dimana saja, kapan saja, maupun dengan sarana apapun dengan catatan harus terhubung dengan internet. 
3.  Resource Pooling
Cloud Computing sistem yang digunakan secara bersama – sama (kolektif) oleh berbagai user, sehingga penyedia layanan harus dapat mengatur beban secara efisien, agar sistem dapat digunakan user secara maksimal. Sehingga keberadaan Cloud Computing haruslah terpusat agara dapat membagi layanan dengan maksimal.
4.Rapid Elasticity
Cloud Computing harus dapat menaikan ataupun menurunkan kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain Cloud Computing dapat dengan cepat mengetahui user yang menggunakan layanannya, sehingga pada saat user bertambah maka Cloud Computing dapat dengan cepat menaikan kapasitas yang dibutuhkan ataupun sebaliknya.
5. Measured Service
Cloud Computing harus disediakan secara terukur. Karena penggunaan layanan Cloud Computing akan dibayarkan sesuai penggunaannya. Proses pengukuran Cloud Computing harus dengan tepat karena pengukuran tersebut akan digunakan dalam pembayaran setelah menggunakan layanan.

Kelebihan Cloud Computing
  1. Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
  2. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  5. Mengehemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.
Kekurangan Cloud Computing :
  1. Komputer akan menjadi lambat jika hubungan dengan internet bermasalah.
  2. Perusahaan penyewa layanan Cloud Computing tidak punya akses langsung pada sumber daya.
  3. Jika server vendor rusak maka perusahaan pengguana layanan Cloud Computing akan mengalami kerugian yang cukup besar.

Saat ini banyak investor yang mencoba mengeksplorasi teknologi Cloud Computing untuk menjadikannya bagian dari bisnis mereka seperti Google dan Amazon yang telah memiliki penawaran khusus terhadap teknologi Cloud Computing. Dapat dipastikan teknologi Cloud Computing akan menjadi sebuah trend dalam bidang IT ataupun teknologi. Karena dengan adanya Cloud Computing dapat menyederhanakan standar dari teknologi.

Source :


0 komentar:

Posting Komentar