Selasa, 26 Oktober 2010

Tingkat Kecerdasan



Kecerdasan merupakan salah satu anugerah besar dari Allah SWT yang diberikan kepada manusia dan menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Kecerdasan pada manusia didapat oleh manusia sejak lahir. Dan sejak itulah manusia dapat mengembangkan kecerdasannya. Pada dasarnya setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda satu sama lain. Dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks, melalui proses berfikir dan belajar secara terus menerus.
Tingkat kecerdasan pada manusia dibagi menjadi :

IQ ( Intelegent Quotient )
           Kecerdasan intelegen merupakan kecerdasan yang dihiutng berdasarkan perbandingan antara tingkat kemampuan mental dengan tingkat usia. Kecerdasan intelegen tidak dapat dikembangkan lagi. Kecerdasan ini sudah ada pada diri masing-masing manusia sejak mereka lahir yang datangnya dari tuhan. Kecerdasan intelegen setiap masing-masing orang dapat diukur dengan cara tes IQ. Pada dasarnya setiap orang memiliki tingkat kecerdasan intelegen yang berbeda. IQ bisa dikatakan usia mental yang berdasarkan perbandingan usia kronologis. Kecerdasan intelegen dapat berupa kecerdasan verbal, memacahkan masalah, dan berkomunikasi dengan manusia yang lainnya. Kecerdasan manusia dapat diukur menggunakan alat psikometri.

EQ ( Emotional Quotient )
            Kecerdasan Emosional, merupakan kecerdasan emosi yang merujuk pada kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain. Kemampuan memotivasi diri sendiri dan mengelola emosi dengan baik terhadap diri sendiri maupun dengan orang lain. yang kemudian kita mengenalnya dengan sebutan Emotional Quotient (EQ). Goleman mengemukakan bahwa kecerdasan emosi merujuk pada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosional  dapat diartikan sebagai potensi individu dalam aspek-aspek non intelektual yang berkaitan dengan sikap, motivasi, sosialitas.

SQ ( Spiritual Quotient )
             Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan bawaan manusia yang dianugerahi oleh manusuia. Kecerdasan ini membentuk system akhlak manusia dan bersifat ilahi. Kecerdasan ini merupakan hubungan anatar manusia dengan tuhannya. Setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang berbeda-beda satu sama lainnya. Kecerdasan spiritual dapat diukur dari cara masing-masing manusia beribadah ataupun berhubungan dengan tuhannya. Kecerdasan spiritual dapat membuat manusia menjadi lebih beriman.

RQ ( Religiosity Quotient )

             RQ merupakan tingkat kecerdasan yang mempengaruhi tingkat keberhasilan seseorang. Tingkat kecerdasan ini membuat individu tidak hanya beragama tetapi juga bertaqwa dalam pengalaman kehidupannya sehari-hari. Kecerdasan religi ini akan membentuk individu yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, serta memiliki kepribadian yang baik. Pada tingkat kecerdasan ini dapat mempengaruhi individu memiliki arah dan tujuan dalam kehidupannya.

0 komentar:

Posting Komentar