Rabu, 09 Maret 2011

Gerbang Logika

Gerbang Logika adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Atau dapat juga disebut sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor. Gerbang logika lah yang melakukan pemrosesan terhadap segala sesuatu yang masuk dan keluar ke dan dari komputer.
Terdapat beberapa macam gerbang logika diantaranya, yaitu :
1.  Gerbang NOT
Gerbang NOT disebut juga sebagai pembalik atau inverter. Jika input yang dimasukan 1 maka hasil yang akan keluar adalah 0, dan sebaliknya.
2.  Gerbang AND
Gerbang AND, apabila input yang dimasukan 1 dan 1 maka akan bernilai 1. Jika inputan yang dimasukan salah satunya 0 maka hasilnya akan bernilai 0.
3.  Gerbang OR
Gerbang OR, gerbang ini paling sedikit memiliki 2 inputan. Jika input yang dimasukan 0 dan 0 maka akan bernliai 0. Tetapi jika inputan yang dimasukan salah satunya 1 maka hasilnya akan bernilai 1.
4.  Gerbang NAND
Gerbang NAND merupakan modifikasi dari gerbang AND dengan menambahkan NOT. Yang berarti apabila input yang dimasukan 1 dan 1 maka hasil akan bernilai 0. Tetapi jika input yang dimasukan salah satunya adalah 0 maka akan bernilai 1. Atau dapat dikatakan sebagai kebalikan dari gerbang AND.
5.  Gerbang NOR
Gerbang NOR juga merupakan modifikasi dari gerbang OR dengan menambahkan NOT. Yang berarti apabila input yang dimasukan 0 dan 0 maka hasil akan bernilai 1. Tetapi apabila salah satu dari inputan bernilai 1 maka hasilnya akan bernilai 0. Dengan kata lain gerbang NOR merupakan kebalikan dari gerbang OR.
6.  Gerbang XOR
Gerbang XOR merupakan singkatan dari Exclusive OR. Gerbang XOR akan bernilai 1 jika input yang dimasukan salah satu input saja yang bernilai 1. Jika input yang dimasukan keduanya 0 ataupun 1 maka hasil akan bernilai 0.
7.  Gerbang XNOR
Gerbang XNOR atau disebut juga Exclusive NOR. Merupakan kebalikan dari gerbang XOR. Pada gerbang ini apabila input yang dimasukan keduanya sama 0 dan 0 atau 1 dan 1 maka hasil akan bernilai 1.

0 komentar:

Posting Komentar