Jumat, 04 Januari 2013

ERD


ERD ( Entity Relational Diagram) merupakan diagram yang menggambarkan salah satu metode pemodelan basis data yang digunakan untuk menghasilkan skema konseptual untuk jenis/model data semantik sistem. Dimana sistem  seringkali memiliki basis data relasional, dan ketentuannya bersifat top-down. Diagram untuk menggambarkan model Entitiy-Relationship ini disebut Entitiy-Relationship diagramER diagram, atau ERD.

Notasi-notasi simbolik yang digunakan dalam Entity Relationship Diagram adalah sebagai berikut :
  • Entitas, Adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan sebagai individu yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain 
  • Atribut, Atribut merupakan pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut digambarkan dalam bentuk lingkaran atau elips. Atribut yang menjadi kunci entitas atau key diberi garis bawah.
  • Relasi atau Hubungan, Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda.
  • Penghubung antara himpunan relasi dengan himpunan entitas dan himpunan entitas dengan atribut dinyatakan dalam bentuk garis.
Dibawah ini merupakan contoh ERD dari sebuah Apartemen.


Pada diagram ERD di atas dapat disimpulkan bahwa kardinalitas dari diagram ERD tersebut adalah M : 1. Atau Many to One, yang berarti banyak penghuni dapat memiliki 1 apartemen. Jadi setiap penghuni dapat memiliki 1 apartemen, tetapi untuk kamar pada apartemen dapat dimiliki banyak penghuni ataupun 1 penghuni dan banyak kamar dapat dimiliki oleh 1 penghuni ataupun banyak penghuni.

Sedangkan untuk derajat dari diagram ERD diatas berderajat 4 atau N-ary. Karena memiliki 4 buah entitas dari keseluruhan diagram ERD tersebut. 


Pada diagram ERD di atas setiap entitas memiliki atribut key sebagai atribut yang akan digunakan untuk menentukan suatu entity secara unik. Perusahaan di atas menggunakan Oracle sebagai aplikasi database yang digunakan. ERD di atas menjelaskan database dari sebuah apartmene yang menjelaskan hubungan antara Pegawai dengan Apartemen. Apartemen dengan penghuni. Dan Penghubi dengan Penyewa.



0 komentar:

Posting Komentar