Selasa, 08 Januari 2013

Game AI yang Menggunakan Algoritma Greedy


AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang mempelajari bagaimana cara membuat mesin cerdas, yaitu mesin yang mempunyai kemampuan untuk belajar dan beradaptasi terhadap sesuatu. Atau dapat juga diartikan membuat suatu mesin dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia, ataupun memasukan pikiran manusia ke dalam sebuah mesin agar mesin tersebut dapat berpikir layaknya manusia. Dalam permainan Ludo ini juga menerapkan konsep AI, yaitu dengan menggunakan komputer sebagai lawan dari pemain dalam memainkan permainan ini.
          Dalam penerapannya, permainan Ludo menggunakan algoritma Greedy. Algoritma Greedy merupakan satu algoritma yang paling sering digunakan dalam mencari solusi dari persoalan optimasi. Atau persoalan dimana kita mencari suatu solusi yang dapat menyelesaikan masalah secara optimal. Algoritma greedy akan membentuk solusi langkah per langkah. Pada setiap langkah penyelesaian masalah terdapat banyak pilihan langkah yang dapat diambil. Algoritma ini berusaha mengambil keputusan terbaik yang dapat diambil pada saat ini.
          Pada permainan Ludo terdapat kelas pion yang memiliki atribut berupa posisi pion. Kelas pion akan dimiliki oleh kelas pemain yang memiliki array yang berisi empat buah pion. Kelas pemain juga memiliki prosedur melangkah yang akan mengubah posisi pion pada kelas papan. Juga terdapat kelas dadu yang berisi angka yang dapat diambil oleh kelas lain.
          Dalam penerapan algoritma greedy pada permainan Ludo terdapat beberapa algoritma greedy yang dapat digunakan, diantaranya :
1.     Greedy By No One Left Behind
Algoritma ini akan berusaha untuk menggerakkan semua pion menuju titik tujuan bersama – sama. Semua langkah yang dapat diambil digunakan untuk menggerakan semua pion agar semakin dekat dengan tujuan dengan memilih pion dengan prioritas tertinggi yaitu pion yang berada paling belakang.
2.    Greedy By Hitter
Algoritma ini berusaha untuk menggerakan pion agar dapat memukul pion lawan. Pemilihan pion yang digerakkan berdasarkan prioritas posisi pion. Pion yang berada lebih dekat dengan pion lawan, maka pion tersebut yang akan digerakkan.
3.    Greedy By Quick Move
Algoritma ini berusaha untuk menggerakkan pion secepat mungkin menuju tujuan. Pergerakkan pion didasarkan pada pion dengan prioritas tertinggi, yaitu pion yang berada paling dekat dengan tujuan.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar