Senin, 28 Februari 2011

Bahaya Rokok


Rokok, siapa yang tak kenal dengan yang satu ini, apalagi para pria. Hampir sebagian besar pria merokok, entah apa yang menjadi alasan dari mereka masing-masing. Tak hanya pria, tak jarang wanita pun ikut mengihsap rokok. Kini anak-anak usia sekolahpun mengikuti jejak para pendahulu yang menghisap rokok. Kebanyakan dari anak-anak itu beralasan takut dikira kuper atau apalah itu. Padahal rokok menimbulkan bahaya yang tidak sedikit dan juga dapat membahayakan bagi diri sendiri. Tak jarang perokok pasifpun ikut merasakan imbas dari para perokok.
Banyak perokok yang menghisap rokoknya di tempat-tempat umum, sehingga tak jarang mengganggu orang-orang disekitar mereka. Maka dari itu kini pemerintah telah menentapkan tentang peraturan dilarang merokok di tempat umum, dan telah menyediakan smooking area di beberapa tempat.
Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, sangatlah berbahaya mungkin tidak dalam waktu dekat, melainkan dalam jangka waktu yang panjang akan dapat dirasakan bagaimana bahaya rokok. Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.
v  Penyakit jantung dan stroke
Penyakit jantung merupakan pembunuh yang paling ditakuti sampai saat ini. Karena asap yang dihembuskan para perokok akan menghambat supply oksigen ke otot jantung. Penyumbatan pembuluh darah otak yang bersifat mendadak dapat menyebabkan stroke.
v  Kanker Paru-Paru
Merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru. Akibat perubahan anatomi saluran napas, pada perokok akan timbul perubahan pada fungsi paru-paru dengan segala macam gejala klinisnya.
v  Kanker mulut
Mulut merupakan organ yang bersentuhan langsung dengan rokok. Kandungan kimia yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada mulut bahkan kanker mulut.
v  Osteoporosis
Karbonmonoksida dalam asap rokok dapat mengurangi daya angkut oksigen darah perokok sebesar 15%, mengakibatkan kerapuhan tulang sehingga lebih mudah patah dan membutuhkan waktu 80% lebih lama untuk penyembuhan. Perokok juga lebih mudah menderita sakit tulang belakang.
v  Katarak
Merokok dapat menyebabkan gangguan pada mata. Perokok mempunyai risiko 50% lebih tinggi terkena katarak, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
v  Psoriaris
Perokok 2-3 kali lebih sering terkena psoriasis yaitu proses inflamasi kulit tidak menular yang terasa gatal, dan meninggalkan guratan merah pada seluruh tubuh.
v  Kerontokan
Merokok menurunkan sistem kekebalan, tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti lupus erimatosus yang menyebabkan kerontokan rambut, ulserasi pada mulut, kemerahan pada wajah, kulit kepala dan tangan.
v  Gangguan kehamilan
Merokok selama kehamilan menyebabkan pertumbuhan janin lambat dan dapat meningkatkan risiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Risiko keguguran pada wanita perokok 2-3 kali lebih sering karena Karbon Monoksida dalam asap rokok dapat menurunkan kadar oksigen.
v  Impotensi
Merokok dapat menyebabkan penurunan seksual karena aliran darah ke penis berkurang sehingga tidak terjadi ereksi.

           

0 komentar:

Posting Komentar