Rabu, 23 Februari 2011

Jarak Alternatif Bahan Bakar


Terjadinya krisis energi, khususnya bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi di dunia belakangan ini dan naiknya harga minyak mentah dunia memberi dampak terhadap Indonesia. Hal ini dapat dijadikan acuan agar Indonesia dapat mencari sumber bahan bakar alternative yang dapat dikembangkan di Indonesia.
            
Salah satu opsi yang bisa dijadikan sebagai alternative bahan bakar adalah tanaman jarak pagar. Selama ini tanaman jarak pagar hanya ditanam sebagai pagar dan tidak diusahakan secara khusus. Padahal, tanpa disadari tanaman jarak dapat diolah menjadi sumber bahan bakar baru. Hal ini didasari ketidak tahuan masyarakat betapa bermanfaatnya tanaman yang satu ini.


Ternyata tanaman jarak ini mengandung minyak yang cukup banyak dari biji jarak. Dan minyak yang dihasilkan oleh biji dari tanaman jarak ini sangat baik bila dijadikan sebagai alternatif pengganti bahan bakar minyak. Karena minyak yang dihasilkan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Hal ini didasari tanaman jarak mampu menyerap kembali gas CO2 dan hasil pembakarannya mendekati sempurna. Dengan kata lain, jika kita menggunakan bahan bakar minyak dari tanaman jarak, kita dapat mengurangi polusi yang dihasilkan oleh bahan bakar minyak lain yang begitu banyak.
         
Jadi apa salahnya, jika kita mulai membudidayakan tanaman jarak dan mengolahnya menjadi bahan bakar. Dan kita dapat mengurangi pemanasan global yang terjadi dewasa ini.

0 komentar:

Posting Komentar