Rabu, 23 Februari 2011

Manfaat Lain Buah Kelapa


            Bagi masyarakat Indonesia kelapa memiliki manfaat yang cukup banyak dibandingkan dengan tanaman yang lain. Semua bagian dari pohon kelapa sangat berguna dan dapat dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Di antaranya kelapa yang dapat dijadikan sebagai minyak kelapa yang nantinya dapat digunakan sebagai minyak goreng.
            Minyak kelapa merupakan olahan kelapa yang bersumber dari daging buah kelapa. Ternyata daging kelapa tidak hanya dapat digunakan sebagai santan melainkan dapat pula dikembangkan menjadi minyak kelapa atau VCO (virgin coconut oil). Penggunaan minyak kelapa ini sangat bermafaat bagi kehidupan sehari-hari. Pembuatan minyak kelapa murni ini lebih mudah dan murah dibandingkan dengan kelapa sawit. Serta dapat dijadikan sebagai industri rumahan. Namun, sangat disayangkan kebanyakan dari masyarakat Indonesia tidak mengetahui manfaat yang dihasilkan dari minyak kelapa.
            Proses pembuatan minyak kelapa ini lebih mudah dan hemat dibandingkan dengan minyak kelapa sawit. Pembuatan minyak kelapa hanya memerlukan bahan berupa daging buah kelapa dan air. Hanya saja pada proses terakhir dilakukan fermentasi maupun pendinginan agar menghasilkan minyak kelapa yang berkualitas. Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang cukup tinggi, yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa ini memiliki beberapa sifat antimikroba dan antivirus. 

1 komentar:

sehat alami mengatakan...

makasih ya atas share buah kelapa sangat bermanfaat sekali

Posting Komentar