Minggu, 25 September 2011

Antara Web 0.1, Web 0.2 dan Web 0.3

Perbedaan apa yang ada di antara Web 0.1, Web 0.2 dan Web 0.3. Sebelumnya apa sih Web itu. Web merupakan suatu ruang informasi yang mempermudah dalama kebutuhan pertukaran informasi secara luas dan tak terbatas yang didefinisikan oleh pengenal global yang di sebut URL ( Uniform Resource Identifier ). Atau dapat pula diartikan sebagai suatu sistem yang merupakan bagian dari internet yang memungkinkan siapapun dapat bertukar informasi.

Web 0.1

Web 0.1 meruapakan awal mula dari perkembangan web yang ada. Website yang ada pada masa Web 0.1 masih bersifat sederhana karena dalam penerapannya hanya sebagai media read saja dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.

Web 0.2

Dalam perkembangannya munculah Web 0.2 yang diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004. Web 2.0  sebagai teknologi web generasi kedua yang yang mengedepankan kolaborasi dengan sharing informasi secara online. Web generasi kedua ini merupakan revolusi di bidang bisnis pada industry komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai media platform. Pada Web 0.2 ini bersifat read-write, yang menyebabkan tampilan yang lebih interaktif dibandingkan dengan Web 0.1. Web 0.2 ini memungkinkan para penggunanya dapat melihat suatu konten dalam website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.

Web 0.3

Saat ini Web yang berkembang adalah Web 3.0. Web generasi ke tiga ini dapat diandaikan sebagai sebuah website yang memilkiki sebuah kecerdasan buatan. Hal ini sesuai dengan berbagai aplikasi yang terkandung dalam internet yang dapat saling berinteraksi.  Pada Web generasi ketiga ini telah terjadi konfergensi yang begitu dekat antara dunia IT dengan dunia Telekomunikasi. Saat ini adaptasi dari Web 0.3 ini mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia diantaranya secondlife, Google Co-Ops. Permasalahan lain yang muncul dalam perkembangan Web 0.3 ini adalah kecepatan akses internet yang memadai dan spesifikasi komputer yang cukup. Hal ini didasari oleh teknologi ini secara visual berbasis 3D.

0 komentar:

Posting Komentar