Sabtu, 24 September 2011

New Media

New Media.. Apa sih new media itu?? Kita coba kupas sekarang..  Pengertian media secara umum adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Atau secara garis besar dapat diartikan sebagai perantara.  Media baru merupakan istilah luas yang muncul pada akhir abad ke 20 dimana media ini menggabungkan antara gambar, film, serta tulisan dalam mennyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Jadi New Media dapat diartikan sebagai sesuatu yang menjadi perantara bagi siapapun untuk mendapatkan suatu informasi dari sumber informasi tersebut menggunakan suatu perantara yang masih dibilang baru dalam penggunaannya ataupun baru di kalangan masyarakat.

New media bagi masyarakat luas mungkin salah satunya adalah internet. Internet memang sudah muncul beberapa waktu lalu, namun dalam penerapannya sebagai suatu media informasi masih dapat dikatakan suatu new media. Internet, merupakan salah satu penerapan new media, karena pada saat ini penggunaan internet yang sudah cukup maju dan mudah digunakan dalam mencari informasi dan sebagainya. Internet juga dapat dikatakan sebagai suatu media yang masih baru, namun memiliki kemajuan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini. Kemunculan new media meningkatkatkan komunikasi di antara semua masyarakat dunia. Dalam perkembangannya internet memiliki kemajuan yang begitu pesat. Bahkan hampir semua orang di belahan dunia menjadikan internet sebagai bagian dari hidupnya yang sulit untuk dilepaskan. Karena banyaknya fitur-fitur yang disediakan di dalam internet. Internet juga dapat digunakan sebagai perubahan social pada suatu kalangan. Selain itu new media berkaitan dengan globalisasi, dalam hal ini globalisasi lebih dikatakan sebagai perluasan kegiatan yang melampaui batas-batas suatun bangsa. Globalisasi dapat memperpendek jarak diantara masyarakat dunia menggunakan komunikasi elektronik.

Di setiap media yang digunakan oleh masyarakat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tak terkecuali new media. Apa aja yang menjadi kelebihan dan kekurangan new media khususnya internet.
Kelebihannya:
  •  Penyampaian informasi lebih cepat dan lebih mudah
  •  Sebagai media hiburan
  •  Media komunikasi yang lebih mudah dan cepat

Kekurangannya:
  •   Rawan akan pencurian data
  •   Virus yang berkeliaran di internet

0 komentar:

Posting Komentar