Rabu, 21 September 2011

Tentang Garam



Garam.. Apa yang Kalian fikirkan jika mendengar kata itu?? Mungkin hanyalah sebagai bahan penyedap makanan,, atau perasa asin.. Pada dasarnya garam merupakan suatu mineral yang terdiri dari natrium klorida. Ion natrium klorida yang dibutuhkan oleh tubuh manusia hanya berjumlah kecil. Ion tersebut berfungsi untuk mengatur kandungan air di dalam tubuh kita.. Sedangkan natrium dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu menjaga keseimbangan cairan.. Dan juga berfungsi untuk membantu dalam transmisi implus ke otak.. Tak hanya itu natrium berperan dalam kontraksi dan relaksi yang ada di dalam tubuh manusia.


Garam memang memiliki peran yang cukup penting dalam tubuh manusia, tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi garam.. Karena mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih dapat menimbulkan efek kecanduan.. Hal ini disebabkan garam memiliki efek candu yang dapat membuat gen dalam tubuh manusia merasa ketagihan pada rasa asin yang dihasilkan oleh garam..


Tetapi jika kita mengkonsumsi garam dalam jumlah sedikit, juga dapat mengakibatkan efek samping yaitu penyakit gondok. Kekurangan dan kelebihan dalam mengkonsumsi garam dapat menimbulkan efek samping.. Sehingga kita harus pintara dalam mengatur komposisi atau jumlah garam yang masuk kedalam tubuh kita.. Karena kelebihan atau kekurangan tidak baik untuk kesehatan..


J

0 komentar:

Posting Komentar