Kamis, 22 September 2011

Penyakit Jakarta

Fikirkan tentang Jakarta.. Dan jika Kalian harus menyebutkan tentang Jakarta dalam waktu singkat apa yang Kalian utarakan?? Ibu Kota, Metropolitan, Macet, dan masih banyak lagi mungkin.. Macet,, siapa yang tak mengetahu jika Jakarta berhubungan dengan kemacetan.. Mungkin hampir semua warga Jakarta telah terbiasa dengan kemcetan yang ada terutama pada jam-jam sibuk.. Bahkan bisa berjam-jam hanya duduk di kendaraan untuk menunggu kemacetan..

Bisa di bilang banyak faktor yang mempengaruhi kemacetan di Jakarta diantaranya, luas jalan yang tak seimbang dengan jumlah kendaraan yang berkeliaran di Jakarta, para pekerja yang tinggal disekitar Jakarta yang kebanyakan dari mereka bekerja di Jakarta, banyaknya pengguna kendaraan pribadi ( ga jarang 1 orang 1 mobil ).

Apa aja ya yang udah pemerintah Jakarta lakukan untuk membebaskan Jakarta dari kemacetan yang makin hari makin parah... Ada beberapa cara yang udah ditempuh Jakarta untuk terbebas dari kemacetan, apa aja ya ada transjakarta (busway) yang udah lumayan lama melanglang buana di Jakarta. Meski begitu tetep aja macet masih meraja lela di Ibu Kota tercinta. Ada MRT yang masih dalam proses.. Ada monorel yang harus terpakasa berhenti di tengah jalan pekerjaanya ( dengan alasan khusus pemerintah harus memberhentikan prosesnya).. Ada juga loh Bus Mengangkang yang pernah ditawarin Cina buat mengatasi masalah kemacetan.
Tapi dengan beberapa alasan Jakarta memtususkan untuk tidak menggunakan bus itu.. Sekarang ada wacana baru monorel diganti dengan bus khusus jalan layang.. Dengan memanfaatkan tiang-tiang yang tadinya digunakan untuk monorel akan diubah menjadi tiang-tiang jalan layang.. Apakah dengan smua solusi yang ada dapat membuat Jakarta terbebas dari penyakit lamanya..

Ayo sama-sama membebaskan penyakit tersebut dari Jakarta.. Dengan menggunakan alat transportasi yang ada yah dengan kata lain menaruh kendaraan di garasi saja.. Toh tak akan pernah hilang kemacetan di Jakarta jika lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dari pada trnsportasi umum.. Tapi ya selama transportasi umum belum memadai dari segala hal terutama prasarana (transportasi yang bagus dan aman lah) masih sulit untuk menghentikan penggunaan kendaraan pribadi.. Tunggu saja kedepannya.. Ada kemajuan atau tidak dari kemacetan di Jakarta..

0 komentar:

Posting Komentar