Senin, 17 Oktober 2011

Operating System

Sistem Operasi (OS) merupakan perangkat lunak dari suatu perangkat keras yang berguna untuk melakukan control dan manajemen serta operasi - operasi dasar sistem. Selain itu OS juga menyediakan layanan umum untuk aplikasi – aplikasi dari perangkat lunak. Secara umum, OS adalah perangkat lunak yang terdapat pada lapisan pertama yang tertanam pada memori komputer. Setelah OS berjalan (pada saat perangkat keras dinyalakan) maka software – software yang lain akan berjalan.


Pada dasarnya OS berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sejarah singkat mengenai OS.
a.    Generasi I ( 1945 – 1955 )
ü  Belum ada sistem operasi.
ü  Instruksi menggunakan bahasa mesin / direct intuction.
b.    Generasi II ( 1955 – 1965 )
ü  Menggunakan batch processing system.
ü  Sudah memiliki fungsi OS ( FMS dan IBSYS ).
c.    Generasi III ( 1965 – 1980 )
ü  Sistem operasi berbasis multi user dan multi programming.
d.    Generasi IV ( Setelah 1980)
ü  Sistem operasi berbasis GUI.

Macam – macam OS :
a.    Microsoft Windows
Merupakan Sistem Operasi yang paling populer. Dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang berbasis GUI. Pada awalnya Windows bermula dari Ms – DOS sebuah OS yang berbasiskan teks dan Command – Line interpreter. A Yang kemudian berkembang menjadi Windows 1.0 yang merupakan versi pertama yang berbasiskan GUI.  Windows terus berkembang memunculkan generasi – generasi berikutnya seperti Windows XP, Windows Vista, hingga Windows 7.
b.    DOS
Merupakan cikal bakal lahirnya Microsoft Windows. DOS adalah sekumpulan program untuk mengoperasikan, mengendalikan dan mengelola sistem komputer.
c.    UNIX
Merupakan Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. Unix didesain sebagai OS portable yang multi tasking dan multi user.
d.    LINUX
Awalnya dibuat oleh mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds, yang terinspirasi dari MINIX yaitu sistem UNIX kecil. LINUX memiliki banyak desain yang bersal dari desain dasar UNIX. Saat ini LINUX adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, dapat digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan untuk pekerjaan sehari – hari. LINUX didapat dalam berbagai distribusi (DISTRO). Distro adalah bundle dari Kernel LINUX, beserta sistem dasar LINUX, program instalasi, tool basic dan program – program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan Distro.  Biasanya LINUX merupakan OS yang open source.
e.    IBM OS/2
Sistem Operasi ini dibuat secara bersama – sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS.
f.    MAC OS
Atau Macintosh Operating System adalah OS yang dibuat oleh Apple Computer khusu untuk komputer Machintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. OS ini merupakan OS pertama yang berbasiskan GUI.

0 komentar:

Posting Komentar